‘Plat Merah’ Diusir Dari Jalur Busway


Jakarta(satenews.com) – Busway adalah jalur eksklusif bagi bus TransJakarta, tetapi beberapa masyarakat pembayar pajak merasa sebagai pemilik jalur tersebut dan merasa berhak untuk melalui jalur eksklusif tersebut. Mereka tidak segan-segan melanggar aturan yang ada dan merasa memiliki ‘kartu bebas penjara’ ketika melalui jalur yang seharusnya hanya berlaku khusus untuk angkutan massal masyarakat kota Jakarta. Atau mungkin juga mereka merasa kendaraan mengkilap yang mereka bawa adalah angkutan umum juga?

Tetapi dibalik semua motif yang belum pernah dikaji dalam tesis akademis tersebut, terlihat sebuah kejadian unik pagi hari kemarin. Beberapa masyarakat pelanggar jalur busway serentak memprotes sebuah mobil ‘plat merah’ yang ikut-ikutan melanggar dan mengusirnya dari jalur eksklusif tersebut. Mereka terlihat sangat marah, beberapa tanpa segan menunjukkan ekspresi marah dengan turun dari mobil mereka dan berkacak pinggang.

“Keluar! Keluar! Munafik lu jangan ikut-ikutan kita dong (melanggar)! Kan lu juga yang bilang ga boleh masuk, kenapa lu sendiri boleh masuk! Keluar! Lu udah ga bayar pajak, gaji lu kan dari pajak kami! Lu yang ga berhak masuk sini. Keluar lu!” Teriak mereka kompak dengan penuh emosi. Mungkin karena malu atau merasa kalah jumlah, supir ‘plat merah’ tersebut memilih untuk keluar dari jalur busway. Setelah ‘plat merah’ pergi, mereka pun serempak tepuk tangan dan kembali masuk ke kendaraan masing-masing dan melanjutkan perjalanan. Kejadian demikian, menurut seorang nara sumber telah kerap terjadi.

Mungkin karena beberapa pejabat penumpang ‘plat merah’ pernah mengalami hal tersebut dan gerah atau mungkin malu karena sering diusir, maka beberapa hari lalu sempat mengusulkan pembuatan pagar pembatas yang kemudian ditolak mentah-mentah oleh Dewan Rakyat. Jika seluruh jalur dibuat pagar pembatas, maka tidak akan bisa diusir, mungkin kira-kira demikian pemikiran mereka.

(sumber foto:detikcom)

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: